Sabtu, 28 Juli 2018

Jos Surabaya Didapuk Jadi Kota Terbaik Bidang Pariwisata 2018

Kementerian Pariwisata baru-baru ini memberitakan kota kabupaten terpilih di sektor pariwisata dalam Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018. Acara yg diadakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jumat malam (20/7/2018) ini ikut dikunjungi perwakilan bupati serta walikota dari semuanya daerah di Indonesia.

Ada empat sinyal dengan berat penilaian tidak sama yg dimanfaatkan buat tentukan banyak pemenang. Ketua penyelenggara Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award 2018, Yong Keng Hoat mengemukakan, ke-4 sinyal itu salah satunya, kemampuan upaya pariwisata yg diambil dari data Tubuh Pusat Statistik dengan berat penilaian 40%, Indeks Pariwisata Indonesia dengan berat penilaian 30%, Indonesia Attractiveness Award dengan berat penilaian 15%, serta penghargaan nasional serta internasional dengan berat penilaiaan 15%.

“Kami menentukan 134 kabupaten serta kota terpilih di sektor pariwisata di Indonesia serta dari banyaknya itu di ambil top 10 kota serta 10 kabupaten terpilih, dan top 1 semasing dari tiap-tiap propinsi di Indonesia, ” papar Yong Keng Hoat.

Akhirnya Surabaya didapuk berubah menjadi kota terpilih di sektor pariwisata pada kota-kota yg berada pada 34 propinsi di s eluruh Indonesia.

Berkenaan acara ini, Menteri Pariwisata Arief Yahya terhadap wartawan mengemukakan, Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award berubah menjadi utama buat bangun kapasitas pariwisata yg berada pada daerah. Lebih Indonesia mau membuat pariwisata jadi leading sector perekonomian nasional.

“Pariwisata itu industri yg gampang serta murah buat menambah devisa. Atraksi wisata kita udah ada, in place, beberapa kali kita bisa penghargaan kelas dunia. Kekurangan kita satu, di akses, tempo hari saya udah menyebutkan Palu jika pengin jadi kelas dunia mesti memiliki internasional airport, ” papar Arief Yahya.

Lebih jauh Arief Yahya mengemukakan, kehadiran terminal Low Cost Carier (LCC) atau penerbangan mempunyai biaya rendah berubah menjadi trik buat menumbuhkan pariwisata. Jepang umpamanya, tahun 2011 menjalankan Terminal LCC, akhirnya pariwisata negara itu tumbuh kedua kalinya lipat.
jadwal kapal kelud 2019
harga tiket kapal gunung dempo

“LCC di Indonesia tumbuh 20 prosen, namun jangan sampai bangga sebab itu masukknya ke terminal yg mahal. Tahun depannya Indonesia bakal memiliki LCC terminal di Soekarno Hatta. Tidak ada LCC terminal jangan sampai mimpi 20 juta wisman bakal terwujud, ” papar Arief Yahya.

Selanjutnya top 10 kabupaten serta kota terpilih sektor pariwisata di Indonesia :

Top 10 Kabupaten

Kabupaten Badung (Bali, Kabupaten Bandung (Ja-bar), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Banyuwangi (Ja-tim), Kabuaten Bogor (Ja-bar), Jabupaten Buleleng (Bali), Kabupaten Gianyar (Bali), Kabupaten Klungkung (Bali), Kabuaten Sidoarjo (Ja-tim), serta Kabupaten Sleman (DIY).

Top 10 Kota

Kota Balikpapan (Kal-tim), Kota Bandung (Ja-bar), Kota Batam (Kapri), Kota Denpasar (Bali), Kota Makassar (Sulsel), Kota Padang (Sumbar), Kota Palembang (Sumsel), Kota Semrang (Jateng), Kota Surabaya (Ja-tim), Kota Yogyakarta (DIY).

Kota terpilih di sektor pariwisata jatuh terhadap : Kota Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar